LA-kone Adventure team

The Real Team Expedition

  • RSS
  • Delicious
  • Facebook
  • Twitter

The Camp

Description
Camp Coban Rondo
Camp Dlundung

Visitor

TANJAKAN CINTA

KAWAH IJEN


design/si Jay/mBah_reTHo
Klik di sini

Thumbnail Recent Post

Berbagi ke FB

PENANGGUNGAN

COBAN WATU ONDO

Category List

LA-kone Adventure team

Lamongan Adventure "Kita Orang Nyari Enjoy" Para Penikmat Alam.....

Pananjakan View Point Gunung Bromo

LA-kone Adventure team Touring and Camping di Bromo...

Para Penikmat Alam

Our Life is Our Adventure.....

Padang Savana dan Bukit Teletubies

Banyak Cara untuk Mengagumi KebesaraNya salah satunya dengan menikmati Alam...

Ranu Kumbolo

Danau Tertinggi di Jawa Timur 2.400m dpl.....

Assalamualaikum sobat adventure, salam petualang,.. pada postingan kali ini kami akan berbagi cerita mBolang kami yang masih berada di kawasan kota Batu Jawa timur, yaitu air terjun "Coban Talun". Postingan ini  masih berkaitan dengan postingan kami sebelumnya karena masih dalam satu perjalanan dengan pendakian ke Gunung Panderman, yaa seperti biasanya, setelah turun gunung kami tidak langsung tancap gas untuk pulang. Ibarat sambil menyelam minum air (yo kembung cak.. hihihihih) maksudnya sambil perjalanan pulang sambil berwisata. Tujuan kami kali ini yaitu ke wana wisata alam Coban Talun, karena lokasinya satu arah dengan perjalanan kami pulang dengan rute Kota Batu - Cangar. Tidak sulit menemukan air terjun ini karena sepanjang perjalanan sudah terdapat papan penunjuk arah. Akses masuk ke lokasi wisata pun juga sangat mudah, bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Air Terjun Coban Talun terletak di Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu Propinsi Jawa Timur. Untuk menuju lokasi ini dari alun-alun Kota Batu dengan mengambil arah ke Selecta - Cangar, atau jika dari Surabaya bisa mengambil jalur Cangar melalui Pacet Mojokerto. Bagi yang menggunakan kendaraan umum dari terminal Batu naik angkot berwarna orange dengan tujuan Selecta-Coban Talun, wisatawan bisa langsung minta diturunkan di pintu masuk lokasi wisata Coban Talun, sangat mudah aksesnya bukan. disepanjang perjalanan menuju pintu masuk wisata ini anda akan disuguhi dengan pemandangan kebun apel milik warga sekitar.

Sampai di lokasi parkiran, suara gemericik air pun sudah terdengar, kamipun sudah tak sabar menikmati segarnya air pegunungan. Untuk menuju lokasi Air Terjun dari parkiran lumayan jauh, diperlukan waktu kurang lebih 30 menit dengan melintasi sungai dan bendungan serta melewati hutan pinus dengan jalan setapak/makadam. Karena keindahan alam dan tempatnya yang luas dengan vegetasi hutan pinus dan kebun sayuran, kawasan ini sering digunakan sebagai area camping ground dan ajang komunitas motor crosser. 

Udaranya yang sejuk dengan pemandangan indah hutan pinus dan perkebunan dengan bacground gunung welirang-arjuno, kami pun terbawa suasana, karena keasikan becanda kami tidak melihat penunjuk arah di pertigaan. kami pun nyasar lumayan jauh masuk ke perkebunan warga, padahal sebelumnya oleh petugas wisata kami sudah dibekali dengan peta/denah lokasi wisata. Beruntung kami bertemu warga yang sedang berkebun, kami pun diberi tahu kalau arah yang kami ambil salah. hahahah untung ada GPS (Guide Penduduk sekitar). Akhir nya kami putar balik menuju arah ke coban talun, lumayan  broo..

Setelah melewati jalur yang berliku dengan jalan tanah setapak ditambah lagi dengan turunan yang cukup curam, akhirnya kami sampai juga di lokasi Air terjun Coban Talun. Rasa lelah setelah nyasar salah jalan langsung terobati dengan keindahan Coban Talun. Tidak mau berlama lama kami pun langsung menikmati kesegaran air terjun coban talun. Air Terjun Coban Talun memiliki panorama yang cukup indah dengan suasana alam yang sejuk, dan memiliki ketinggian air terjun kurang lebih 70 meter, terletak di antara tebing yang memiliki tekstur batu yang menarik, bebatuan besar di bawah air terjun dan sepanjang aliran sungai menambah eksotis pemandangan di air terjun Coban Talun ini. Wisata coban talun ini cukup ramai pengunjung terlebih di hari libur, kami sarankan kalau berkunjung ke air terjun ini di bulan2 memasuki kemarau, disamping sarana dan prasarana yang kurang memadai seperti jalan yang masih setapak dan licin, lokasi air terjun juga ternyata berada di bawah bendungan sungai kecil.


Hasil Jeprat-Jepret :

Denah Lokasi Coban Talun
Aliran air coban Talun berasal dari bendungan ini
Melewati sungai kecil
 
Jalur setapak dengan hutan pinus



Bermain Air

segaaarr

Natural shower
Demikianlah sedikit cerita petualangan kami ke coban talun, sampai jumpa lagi di cerita mBolang kami selanjutnya... #salam para penikmat Alam.




Leave a Reply